Wabah Kusta Kembali Jangkiti Nigeria

Reporter: Tempo.co
Editor: Aningtias Jatmika TECO

Wabah Kusta Kembali Jangkiti Nigeria

Penderita kusta. TEMPO/Mazmur A. Sembiring

TEMPO.CO, Abuja – Laporan mengenai kusta dari Leprosy Mission-Nigeria (TLM) kembali mengejutkan dunia di Hari Kusta Sedunia yang jatuh tepat hari ini, Senin, 27 Januari 2014. Setelah 14 tahun lalu dinyatakan berhasil memerangi kusta, penyakit ini muncul kembali.

Dilansir dari laman All Africa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan 14 tahun lalu Nigeria telah berhasil mencapai target WHO menghapus satu kasus kusta per 10 ribu penduduk. Namun, dalam laporan TLM, pada 2013 telah muncul 3.805 kasus baru kusta.

Di antara kasus baru, sekitar 12 persen di antaranya telah memiliki cacat akibat kusta yang tidak diobati karena terlambat ditangani. Akibatnya, penyakit ini dengan cepat menggerogoti penderita. Dilaporkan pula sebanyak 10 persen penderitanya merupakan anak-anak.

Nigeria merupakan salah satu di antara 16 negara yang masih tercatat memiliki lebih dari 1000 kasus kusta per tahun. Kini Nigeria kembali menggencarkan upaya anti-kusta dengan terus mengkampanyekan program deteksi dini.

Meski kusta tergolong penyakit yang bisa disembuhkan hanya dengan obat, penderita sering kali terlambat mendeteksinya. Akibatnya, penderita menderita penyakit stadium lanjut yang semakin sulit disembuhkan.

Ditambah lagi, di beberapa negara, terutama negara miskin, kusta masih dianggap sebagai penyakit akibat kutukan. Banyak pasien yang akhirnya ditelantarkan, bahkan diisolasi, hingga tak bernyawa lagi.

ANINGTIAS JATMIKA | ALL AFRICA

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *