Jawa Timur “Juara” Kusta Nasional

Reporter: Tempo.co
Editor: Endri Kurniawati

Jawa Timur

Penderita kusta di Grati Kabupaten Pasuruan melakukan perawatan diri untuk mencegah cacat tubuh, Kamis (27/10). TEMPO/Eko Widianto

TEMPO.CO, Mojokerto -Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penderita penyakit kusta terbanyak di Indonesia. “Jawa Timur masih yang terbanyak dengan jumlah mencapai 4.600 orang,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul saat menyambangi pasien kusta di Rumah Sakit (RS) Kusta Sumber Glagah, Desa Tanjungkenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Selasa, 27 Januari 2015. Kunjungan Gus Ipul ke RS Kusta milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini dalam rangka memperingati Hari Kusta Sedunia ke-62 hari ini.

Meski masih menduduki peringkat pertama, menurut Gus Ipul, jumlah pasien kusta di Jawa Timur saat ini menurun dibanding 2012 yang mencapai 4.807 pasien. Pada tahun yang sama, Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat kedua dengan 2.345 pasien. “Penderita kusta di Jawa Timur yang sudah sembuh mencapai 132.021 orang melalui program kuratif yang salah satunya di RS Kusta Sumber Glagah.”

Gus Ipul mengimbau Dinas Kesehatan di setiap kabupaten/kota tidak hanya melakukan upaya kuratif atau pengobatan melainkan juga promotif dan preventif atau pencegahan. “Kami mentargetkan jumlah penderita kusta di Jatim turun hingga 50 persen.”

Ia menghimbau agar masyarakat sejak dini melaporkan anggota keluarga atau warga yang diduga menderita kusta. “Kusta mudah disembuhkan jika terdeteksi sejak dini.” (Baca: Pengobatan Kusta Juga Masuk JKN)

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) RS Kusta Sumber Glagah, Budi Astutik Kusharjuni, mengatakan dengan peringatan Hari Kusta Sedunia ini pihaknya berharap masyarakat menghapus stigma negatif pada penderita kusta. “Penyakit kusta bisa disembuhkan dan masyarakat tidak boleh mengucilkan penderitanya.”

Menurut dia, kusta memang bisa menular melalui udara namun setelah kontak langsung selama puluhan tahun. “Tidak menular melalui kontak kulit.” (Baca: 10 Fakta tentang Kusta)

RS Kusta Sumber Glagah saat ini menampung 50 pasien kusta rawat inap dan 65 pasien umum. Dari 50 pasien kusta itu, 31 di antaranya menjalani program kuratif. Pasien kusta yang dirujuk di RS setempat tidak hanya berasal dari Jawa Timur tapi juga luar Jawa Timur seperti Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Selatan.

Indonesia menempati urutan ketiga dengan jumlah penderita kusta terbanyak setelah India dan Brazil. Menurut data 2012, pasien kusta baru di India mencapai 127 ribu orang dan Brazil 33.955 orang serta Indonesia 18.994 orang. (Lihat: Jumlah Penderita Kusta di Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia)

Di tingkat ASEAN, Indonesia menduduki peringkat pertama, disusul Myanmar dan Filipina 2.935 orang, Vietnam 748 orang, Kamboja 314 orang, Thailand 280 orang, Malaysia 215 orang, Laos 93 orang, dan Singapura 11 orang.

ISHOMUDDIN

One comment

  1. Hey webmaster
    When you write some blogs and share with us,that is a hard work for you but share makes you happly right?
    yes I am a blogger too,and I wanna share with you my method to make some extra cash,not too much
    maybe $100 a day,but when you keep up the work,the cash will come in much and more.more info you can checkout my blog.
    http://bit.ly/waystomakesmoney
    good luck and cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *